TINDAK LANJUT
No |
PROGRAM DAN JENIS KEGIATAN |
UMPAN BALIK/SARAN
|
MEDIA UMPAN BALIK |
ANALISIS |
RENCANA TINDAK LANJUT |
EVALUASI |
1 |
KIA Kelas Ibu Hamil
|
Kegiatan kelas ibu hamil, selalu diadakan senam hamil secara rutin di Puskesmas.
|
Lembar kritik dan saran
|
Keterbatasan petugas dalam melakukan kegiatan kelas ibu hamil di Puskesmas. |
Pelaksanaan kegiatan akan dijadwalkan dan pembagian tugas bidan
Pertemuan terakhir akan diadakan senam hamil |
Telah dilakukan pembagian tugas untuk mengisi materi kelas Ibu Hamil
Telah dilaksankan senam ibu hamil |
|
Kelas Balita
|
Kegiatan kelas balita dilakukan di Posyandu setiap bulan
|
Lembar kritik dan saran
|
Keterbatasan petugas dalam melakukan kegiatan perbulannya
Sesuai buku pedoman kelas balita dinyatakan tuntas setelah 4 kali pertemuan
Keterbatasan anggaran
|
Pelaksanaan kegiatan akan dijadwalkan dan pembagian tugas untuk pemegang program
Sosialisasi ulang tentang kegiatan kelas balita
|
Telah dilaksanakan sesuai jadwal
Akan dijadwalkan RUK tahun 2024 setiap posyandu 4 kali pertemuan
|
2 |
GIZI Penimbangan di posyandu
|
Petugas gizi datang ke tiap posyandu agar dapat konsultasi dengan petugas gizi di posyandu |
Lembar kritik dan saran
|
Petugas gizi terbatas, hanya 1 orang, konsultasi gizi bisa dilakukan oleh pembina posyandu lainnya (dokter, perawat, bidan)
|
Penjadwalan petugas Pembina posyandu
Pembina posyandu melaporkan ke petugas gizi jika ada temuan penyimpangan status gizi bayi/balita
|
Telah dilaksanakan konsultasi gizi oleh Pembina posyandu apabila ada yang konsultasi
|
|
|
Pelatihan untuk kader tentang pengukuran TB. BB, LILA secara baik dan benar
|
Lembar kritik dan saran
|
Kader masih ada yang kurang paham tentang pengukuran
|
Memberikan pengetahuan atau pembekalan materi tentang pengukuran secara baik dan benar pada pertemuan GIZI-KIA
|
Telah dilakukan pembekalan pada bulan September
|
3 |
LANSIA Pemeriksaan kesehatan usia lanjut
|
Kegiatan dilakukan rutin setiap bulannya di masing masing RT
|
Lembar kritik dan saran
|
Keterbatasan tenaga dan alat untuk memberikan pelayanan setiap bulannya di masing masing RT
Keterbatasan anggaran
|
Mengusulkan penambahan alat/ reagen pemeriksaan gula darah, asam urat dan kolesterol
|
Telah dilaksanakan sesuai jadwal
Akan dijadwalkan RUK tahun 2024
|
4 |
PENGENDALIAN PTM Pemeriksaan Usia Produktif (Skrining hipertensi dan gula)
|
Kegiatan dilakukan rutin setiap bulannya di masing-masing RT
|
Lembar kritik dan saran
|
Keterbatasan tenaga dan alat untuk memberikan pelayanan setiap bulannya di masing masing RT
|
Mengusulkan penambahan alat/ reagen pemeriksaan gula darah,
|
Telah dilaksanakan sesuai jadwal
|
5 |
PROMKES Pelaksanaan Gerakan Pengendalian Penyakit Prioritas (Kardiovaskuler, DM, TB) serta Kebugaran Jasmani
|
Kegiatan dilakukan di RT
|
Lembar kritik dan saran
|
Keterbatasan anggaran
|
Sudah dilakukan GERMAS di RT sesuai dengan jadwal |
Telah diusulkan untuk RUK 2023
|
|
Posyandu
|
Petugas puskesmas datang ke posyandu
Penyuluhan di posyandu
|
Lembar kritik dan saran
|
Keterbatasan petugas puskesmas
Petugas terkadang lupa dengan jadwal posyandu
|
PJ promkes melakukan koordinasi dengan petugas posyandu agar dapat mengunjungi posyandu
Setiap petugas posyandu akan memberikan penyuluhan sesuai dengan masalah kesehatan di RT |
Mengingatkan jadwal posyandu di group WA puskesmas sebelum kegiatan
Menyiapkan materi penyuluhan sebelum turun ke posyandu
|
|
Pemberdayaan Kader Masyarakat melalui Pemicu untuk ber-PHBS dan stop BABS, CTPS |
Petugas puskesmas datang ke rumah-rumah
|
Lembar kritik dan saran
|
PHBS sudah dilaksanakan
|
Sudah dilakukan PHBS di rumah-rumah
|
Telah dilaksanakan sesuai jadwal
|
6 |
TB |
Petugas melakukan penyuluhan di RT dan bersamaan dengan posyandu |
Lembar kritik dan saran
|
Penyuluhan TB sudah dilaksanakan di RT
|
Sudah dilakukan penyuluhan TB dibeberapa RT
|
Telah dilaksanakan dibeberapa RT
|
7 |
BIAS SEKOLAH Pelayanan Imunisasi (Imunisasi rutin, antigen baru, BIAS, sweeping, DOFU, Catch up, ORI, BLF, dll) di Posyandu, Sekolah Pos Imunisasi lain |
Sebelum pelaksanaan BIAS harus dilakukan sosialisasi terlebih dahulu
|
Lembar kritik dan saran |
BIAS Sekolah sudah dilaksanakan |
Sebelum pelaksanaan BIAS harus dilakukan sosialisasi terlebih dahulu
|
Telah dilaksanakan sosialisasi BIAS sebelum pelaksanaan BIAS |
No |
Tanggal |
Keluhan/Umpan Balik |
Media yang dilakukan |
Analisis |
Rencana Tindak Lanjut |
Disampaikan Melalui Media |
Keterangan |
1. |
27 Januari 2023 |
Masih bingung kalau mendaftar tidak ada tata cara yang terpasang |
Kotak saran |
Belum ada informasi tentang cara mendaftar |
Memasang standar pelayanan dan mengsosialisasikan kepada pasien alur pendaftaran |
|
Sudah terlaksanakan |
2. |
16 Februari 2023 |
Tv besar diruang tunggu selalu dalam keadaan mati |
Kotak saran |
Tv belum bisa dinyalakan karena tidak ada koneksi |
Tv mulai dihidupkan,serta ditampilkan media edukasi Kesehatan dan nomor antrian pasien |
Papan pengumuman |
Sudah terlaksanakan |
3. |
20 Februari 2023 |
Ambulan harap bisa digunakan oleh warga sekitar yang membutuhkan |
|
Ambulan bisa digunakan saat jam kerja |
Mengedukasi pasien bahwa penggunaan ambulan hanya bisa untuk orang yang terlatih dan apabila memerlukan ambulan bisa menghubungi PSC |
|
|
4. |
09 Maret 2023 |
Mohon diinfokan kepada petugas loket, jika vaksin bayi kosong/habis |
Kotak saran |
Belum ada koordinasi petugas loket dengan bidan |
Telah dikoordinasikan dengan petugas loket sebelum jadwal imunisasi |
|
Sudah dilaksanakan |
5. |
13 Maret 2023 |
Nomor antrian tidak jelas |
Langsung |
Nomor antrian banyak hilang |
Sudah menggunakan mesin antrian.sehingga lebih jelas mengenai nomor antrian |
|
Sudah dilaksanakan |
6. |
19 Mei 2023 |
Ditingatkan lagi pelayanannya |
|
Pelanggan puas |
Lebih meningkatkan mutu pelayanan |
|
Sudah dilaksanakan |
7. |
|
Puskesmas yang berada di gunung empat, antrian teratur,dokter dan karyawan yang lain ramah, tempatnya bersih |
|
Pelanggan puas |
Lebih meningkatkan mutu pelayanan |
|
Sudah dilaksanakan |
8. |
|
Pindak faskes 1 disini alhamdulilah pelayanan baikk & cepat, dokter umumnya juga ramah |
|
Pelanggan puas |
Lebih meningkatkan mutu pelayanan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|